(Review) Pop Up Books : Buku Untuk Tangan-tangan Kreatif

Judul Buku :  Pop-Up Book, The : Step by step Instruction for Creating Over 100 Original Paper Project

Pengarang : Paul Jackson

Penerbit : Henry Holt and Company, LCC, New York

Tahun terbit : 1996

Tebal buku : 156 hal

Pernahkah anda membaca atau melihat buku anak-anak yang berwarna-warni dan banyak gambar timbul? Tidak sengaja membuka buku dan tiba-tiba kaget karena ada rumah 3 Dimensi muncul dari halamannya? Atau mungkin anda pernah dikirimi kartu ucapan bergambar timbul dari teman dan sahabat? Gambar-gambar timbul itulah yang disebut dengan gambar “Pop-up”.

Gambar pop-up banyak diaplikasikan dalam kerajinan kertas, kartu ucapan, dan juga buku. Buku yang penuh gambar ini tidak hanya memaparkan tentang “how to-guide” atau tahap-tahap pembuatan gambar timbul saja, namun juga menunjukkan hasil-hasil karya elegan dari teknik yang bahkan paling sederhana.

Di awal buku, ditunjukkan tahap pembuatan gambar timbul dengan teknik paling sederhana, yaitu hanya dengan membuat 1 potongan lipatan. Dari cara ini saja, sudah bisa dihasilkan kartu pop-up super cantik dengan gambar ikan. Kemudian teknik-teknik yang dipaparkan mulai lebih sulit, misalnya dengan membuat potongan dan lipatan yang asimetris. Cara ini sebenarnya juga relatif mudah, namun hasilnya sungguh keren. Tentunya tanpa imajinasi yang hebat, belum tentu juga hasilnya bagus :p.

Di bagian akhir, Paul Jackson menampilkan galeri foto pop up buatannya yang lebih fantastis. Mulai dari gambar timbul seekor sapi, perahu kertas, jalanan yang rumit, hingga istana salju. Saya yakin itu semua tidak banyak menggunakan teknik yang sulit, namun kreativitas Paul Jackson lah yang membuat karya-karya tersebut layak dinikmati.

Gambar cover depan buku ini kurang menarik menurut saya pribadi. Di sana hanya ada 1 contoh gambar timbul, berwarna putih pula, dan di sampingnya terdapat 1 teknik pembuatan gambar timbul. Tidak jelek memang, tapi kurang berwarna. Namun kelebihannya justru sukses menunjukkan bahwa dengan kertas putih tipis pun kita bisa membuat sebuah karya seni yang indah.🙂

Buku ini memang diterbitkan tahun 1996, namun akan tetap relevan sampai saat ini karena memang tidak hanya sekedar mengusung tema kerajinan tangan populer saja, melainkan unsur seni nya sangat terasa. Cocok bagi pemula, pekerja seni, dan semua kalangan. Yang plus dari buku ini jelas, penuh gambar yang indah dan menarik. Tahap pembuatnnya cukup jelas dan disertai gambar. Tanpa tulisan pun, tetap bisa dimengerti. Tapi minusnya juga ada : hanya menunjukkan teknik dasar tanpa memberi contoh pembuatannya sampai menjadi karya seni. Takut dijiplak mungkin ya…

Rate : 4,5/5

4 thoughts on “(Review) Pop Up Books : Buku Untuk Tangan-tangan Kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s