Kisah : Siapa Paling Dermawan

Suatu ketika, Al-waqidy berada dalam himpitan ekonomi yang sangat memprihatinkan. Hingga tiba bulan Ramadhan, dia tidak mempunyai uang sedikitpun. Al Waqidy sangat bingung, lalu ia menulis surat kepada temannya, seorang Alawy (keturunan Ali bin Abi Thalib). Ia minta pinjaman uang sebesar seribu dirham.

Orang Alawy itu pun kemudian mengirimkan uang, memberi pinjaman kepada Al Waqidy sebesar itu. Uang itu dimasukkan ke dalam sebuah kantung yang tertutup.

Al Waqidy menerima sepucuk surat dari temannya yang lain, namanya Abdullah. Isi surat itu, Abdullah minta agar diberi pinjaman uang sebesar seribu dirham untuk keperluan bulan puasa. Tanpa pikir panjang, Al Waqidy mengirimkan sekantung uang yang dipinjamnya tadi siang dari orang Alawy kepada temannya, Abdullah.

Beberapa hari kemudian, Al Waqidy kedatangan temannya, orang Alawy yang dipinjami uang itu, juga temannya yang lain, yaitu Abdullah.

Orang Alawy itu menannyakan perihal uang yang dipinjamkan kepada Al Waqidy beberapa waktu yang lalu.

“Oh, maaf, uang itu telah kupergunakan untuk membeli beberapa kebutuhanku. Apakah kau hendak memintanya sekarang?” Al Waqidy balik bertanya.

Tiba-tiba temannya itu mengeluarkan sekantung uang sambil tertawa.

“Demi Allah, aku tak memiliki uang lainnya sepeserpun, kecuali 1000 dirham ini, sementara bulan Ramadhan sudah dekat. Setelah kau menulis surat kepadaku, kukirim uang ini kepadamu. Sementara itu aku juga menulis surat kepada Abdullah untuk meminjam uang seribu dirham. Lalu Abdullah mengirim kantung uang ini kepadaku. Makanya aku bertanya, bagaimana ceritanya hingga sampai bisa begini? Abdullah pun bercerita kepadaku bahwa uang itu dipinjamnya dari temannya yang bernama Al Waqidy. Dan sekarang ini, kami datang untuk membagi uang ini untuk kita bertiga. Semoga Allah memberikan kelapangan kepada kita semua,” kata orang Alawy itu.

Kemudian mereka membagi uang itu menjadi tiga bagian, masing-masing mendapat tiga ratus dirham lebih.

*)diambil dari buku dongeng untuk anak muslim, penerbit mitra ummat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s