Kisah : Ternyata Khalifah

Saat Khalifah Umar bin Khathab menunggu berita hasil pertempuran pembebasan Qadisiah, datanglah sebagian rombongan pasukan yang pulang dengan menunggang kuda.

Dengan berjalan kaki Khalifah Umar menghampiri salah seorang prajurit.

“Wahai saudaraku, ceritakanlah semua peristiwa yang terjadi di medan perang. Aku ingin segera mengetahui jalannya pertempuran itu,” kata Khalifah Umar.

Dengan masih tetap berada di atas punggung kudanya, prajurit itu menceritakan jalannya pertempuran di Qadisiah yang dimenangkan oleh tentara Islam.

Prajurit itu terus bercerita sambil menjalankan kudanya perlahan-lahan, sementara Khalifah Umar berjalan di sampingnya mengikuti sambil mendengarkan.

Setelah berjalan cukup lama, tak terasa mereka sampai di perbatasan kota Madinah. Melihat kedatangan Khalifah Umar, masyarakat berduyun-duyun mengucapkan salam kepada Khalifah.

Melihat hal itu, betapa terkejutnya prajurit itu. Ternyata orang yang berjalan kaki mengikutinya adalah Khalifah Umar. Dengan tersipu, prajurit itu turun dari punggung kudanya dan meminta maaf kepada Khalifah.

“Maafkan saya yang bodoh dan buta ini, Amirul Mukminin. Dan mengapa tidak menceritakan dulu bahwa Anda adalah Khalifah Umar?” kata prajurit itu dengan menahan rasa malu.

“Yang pasti, Amirul Mukminin itu bukan dirimu, “ jawab Khalifah Umar.

Diambil dari :
30 Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak Muslim #1. Oleh Kidh Hidayat dan MB. Rahimsyah. Penerbit Mitra Ummat

3 thoughts on “Kisah : Ternyata Khalifah

  1. Episode ini saya nonton di TV waktu ramadhan.
    Benar, prajurit menceritakan semua kejadian saat perang. Dan Amirul mukminin bertanya berapa orang pasukan mulim yang syahid?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s