Review : Quraish Shihab menjawab 101 pertanyaan soal perempuan

Judul Buku : M.Quraish Shihab Menjawab.. 101 Soal Perempuan yang Patut Anda Ketahui

Penulis : M.Quraish Shihab

Penerbit : Lentera Hati

Tahun terbit : 2011

Buku ini saya beli saat saya sedang mengerjakan skripsi di Jogja. Melihat covernya yang pink cantik dan cute, saya langsung tertarik. Apalagi melihat ada nama Pak Shihab, plus melihat tema yang dibahas, akhirnya setelah melihat dompet, saya langsung membelinya😛.

Berikut adalah beberapa kutipan pertanyaan dan bahasan yang ada dalam buku ini :

Ø TOPIK : BATASAN DAN ATURAN BERJILBAB

Ø Tanya : Saya sudah lama berjilbab. Teman kantor ada yang sedang memutuskan untuk berjilbab juga. Tapi ia mengatakan tidak nyaman jika harus memakai baju yang tidak ketat seperti saya. Saya katakan : “Pakai saja pakaian yang biasa kamu pakai (ketat) asalkan menutup aurat.” Maksud saya yang penting dia pakai jilbab dulu, dan berharap nanti lama-lama ia akan berubah. Apakah saya salah karena melakukan ini? Bagaimana hukumnya orang yang memakai jilbab tapi ketat?

Ø Jawab : Salah satu ciri ajaran Islam adalah pentahapan, khususnya dalam bidang hukum. Al Qur’an dan Sunnah tidak langsung mewajibkan shalat 5 kali sehari, tapi pada mulanya hanya dua kali sehari, puasa pun bertahap, tidak langsung sebulan lamanya. Yang haram juga dilarangNYA secara bertahap. Minuman keras misalnya, pada tahap awal hanya diisyaratkan bahwa ia bukan rezeki yang baik (QS an Nahl : 67), lalu dijelaskan bahwa keburukannya lebih besar daripada manfaatnya (QS al Baqarah : 219), lalu baru dilarangnya tetapi bukan setiap saat, hanya menjelang melaksanakan shalat wajib (QS an Nisa : 43). Nanti setelah kaum Muslim sadar dan terbiasa, barulah turun pengharamannya secara total (QS al Maidah : 90). Atas dasar itu, langkah Anda sudah benar hanya saja Anda harus senantiasa memperhatikan dan membimbing yang bersangkutan sehingga pada akhirnya dia akan menyesuaikan diri dengan tuntutan agama sebaik mungkin. Demikian, wa Allah A’lam.

Ø TOPIK : MENDOAKAN SUAMI AGAR MENDAPATKAN PERINGATAN KERAS DARI ALLAH

Ø Tanya : Apabila kita kesal dengan suami, bolehkah kita mendoakan agar sesuatu peringatan keras dari Allah datang kepadanya ? Apakah doa seperti itu akan dijabah oleh Allah ?

Ø Jawab : Kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus. Pasti di sana sini dan sewaktu-waktu ada kesalahpahaman dan cekcok. Memang, salah satu cara melampiaskan kekesalan atau keresahan adalah doa. Tetapi doa hendaknya bukan yang buruk, karena “Bila sesorang mendoakan orang lain, maka malaikat akan mengaminkan sambil berdoa kiranya Allah memberi hal serupa kepada yang berdoa”. Ini berarti jika Anda bermohon agar suami mendapat peringatan keras, Anda pun terancam memperolehnya karena malaikat berdoa yang serupa untuk Anda. Karena itu, berdoalah tetapi yang baik, misalnya dengan mengadu kepada Allah sambil berucap : “Allah Yahdihi,” yakni : Semoga Allah membimbingnya ke jalan yang benar. Demikian , wa Allah A’lam.

Itulah 2 dari 101 pertanyaan yang muncul pada buku ini. Masih banyak topik-topik yang lain seperti tentang menyentuh/membaca al Qur’an serta memotong kuku/rambut saat haid, hukum ber-KB, serta tema lain seperti tentang gaya hidup, pernikahan, dan pemeliharaan anak.🙂

Plus : Saya suka covernya, sweet bangeett🙂. Isinya juga sesuai dengan topik-topik seputar wanita yang kadang orang tidak tahu. Pembahasan yang diberikan juga ditulis pak Shihab dengan kalem dan enak dibaca (nggak ribet).

Minus : Apa ya… kayaknya nggak ada. Mungkin Cuma perlu ditambah lagi daftar pertanyaannya :p

Rate : 5/5

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s