untitled

by Novia Eka Wiandani on Friday, 23 October 2009 at 20:57

Suatu hari, Adam yang duduk di kelas 3 SMP, bertanya padaku ,”Kak, setiap sel hidup kan selalu membelah, lalu kenapa dunia ini nggak penuh dengan sel-sel makhluk hidup ya?”

Aku yang sedang sibuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, spontan terheran-heran sendiri. ‘Hm..ternyata adikku kritis juga, siapa dulu kakaknya’, sambil tersenyum-senyum.

“Kak, kok nggak dijawab?” adikku setengah memaksa kepadaku.

Dalam pikiranku berkecamuk berbagai hal yang aneh-aneh. Sejak kecil aku terbiasa melihat dunia dengan caraku sendiri. Manekin baju kupandang sebagai tuyul raksasa yang mengusir-ngusir pelanggan. Angsa-angsa yang dipelihara tetangga kupandang sebagai tank-tank yang ingin melindasku. Kalau sudah begitu aku akan lari sambil menangis tersedu-sedu pada orang tuaku. Ayah dan ibuku terkadang sampai memarahiku, “Mau jadi apa kamu nak, tiap hari berkhayal yang nggak-nggak!” Ah, bukan aku yang menginginkan imajinasi itu bu, tiba-tiba saja bayangan itu terlintas.

Mendengar adikku Adam mengatakan tentang sel-sel itu, tiba-tiba saja aku sudah kembali lagi ke dalam bayangan-bayangan imajinasiku. Dalam pikiranku muncul manusia-manusia dan hewan raksasa,,dengan sel tubuh yang besar-besar. Mata mereka kecil, tapi wajah mereka besar sekali. Sekelebat kemudian bayangan itu berganti dengan wajah orang lain yang memiliki mata besar, tapi wajahnya kecil sekali, seolah melototnya keterlaluan.

“Kak! Kok nggak dijawab sih? Yee,,bilang aja kakak tidak tahu jawabannya. Iya kan! Udah ah, Adam mau tidur.” Adikku memarahiku dan menjawab pertanyaannya sendiri.

Aku hanya bisa tersenyum pada adikku satu-satunya itu sambil memandanginya masuk ke kamar tidur. Kemudian aku mulai tenggelam kembali pada tugas-tugas kuliahku. Sejenak kemudian aku teringat lagi pada bayanganku tentang sel tadi. ‘Ah, sudahlah itu hanya khayalanku. Khayalan seperti itu tidak pernah terjadi selama hidupku’, pikirku sembari menutup buku-buku. Sudah saatnya tidur, kesehatan harus dijaga.

Kemudian aku terlelap….

Aku bermimpi…mimpi yang sama dengan bayanganku tentang sel tadi.. Lalu esoknya, aku sungguh kaget!!

-should be continued,,-

3 thoughts on “untitled

Leave a Reply

