Indonesia beriklim tropis, yakin?

by Novia Eka Wiandani on Saturday, 22 October 2011 at 22:24

Indonesia adalah negara di kawasan tropis, Anak yang sedang belajar IPS kelas 4 SD juga tahu bahwa Indonesia juga negara tropis. Sekarang mari kita urai dampak Indonesia berada di kawasan tropis. Apa yang bisa anda sebutkan mengenai dampak bagi Indonesia berada di kawasan tropis? Mungkin ada yang bilang wilayah Indonesia akan menerima sinar matahari sepanjang tahun. Selain itu? Wilayah Indonesia akan cenderung hangat sepanjang tahun. Ada lagi? Dengan keadaan geografisnya yang berupa kepulauan maka Indonesia secara umum hanya akan mengalami dua cuaca yang dominan yaitu kering/kemarau dan hujan.

Sekarang pertanyaannya adalah, apa yang bisa anda lakukan dengan fakta – fakta itu? Sekarang adalah zaman wirausaha dipopulerkan, bahkan mungkin menjadi mata pelajaran/kuliah khusus di sekolah dan kampus-kampus. Apakah anda bisa menghasilkan uang dengan berpijak pada fakta sederhana itu? Pasti ada yang menjawab tidak bisa, tergantung orangnya, dan pasti ada pula yang bilang dengan tegas, bisa!

Bagi yang menjawab tidak bisa, pelajaran itu mungkin sekedar hapalan yang hanya perlu ditulis pada lembar ulangan saat sekolah. Bahkan mungkin hanya menjadi informasi tidak penting yang didoktrinkan di sekolah. “Apa sih gunanya belajar ini itu di sekolah, toh kelak saat kerja tidak terpakai.” Keluhan-keluhan seperti itu yang sering kita dengar saat sekolah.

Di lain alam pikiran ada golongan manusia yang masih berpikir bahwa dengan sedikit fakta itu akan berguna bagi hidupnya tergantung apakah mau bersusah payah berpikir kreatif atau hanya melakukan kebiasaan yang tidak efisien? Bahkan ada pula segelintir manusia yang langsung yakin menjawab “bisa” menghasilkan uang dengan berpijak pada pengetahuan tentang Indonesia beriklim tropis. Sekarang, bisakah anda memberi contoh pekerjaan yang berkaitan dengan iklim?

Mungkin daftarnya akan seperti ini:

1. Pembawa acara ramalan cuaca

2. Pegawai Badan Meteorologi dan Geofisika

3. Petani

4. Nelayan

5.dll

Adakah yang menjawab penjual es cendol dan es-es lainnya? Adakah yang menjawab perusahaan kosmetik? Adakah yang menjawab pegawai perusahaan kipas angin dan air conditioner? Saya berharap banyak jawaban berbeda karena semakin beragam jawaban maka akan semakin tersedia banyak pilihan. Lalu untuk apa uraian tidak jelas di atas?

Dengan mengetahui fakta bahwa Indonesia beriklim tropis sebenarnya banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran berharga. Penjual es/minuman dingin tentu paham masalah ini, apakah ada penjual minuman dingin di kutub atau di negara yang sedang dilanda salju?

Tanpa sadar kita sebagai penghuni kawasan tropis dikondisikan untuk tidak biasa dengan kondisi ke-tropis-an. Padahal, iklim tropis adalah iklim paling nyaman untuk hidup terutama manusia, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin atau sejuk. Sekarang lihat, pekerjaan kantoran dengan ruang idaman yang ber AC adalah mimpi lapisan masyarakat yang telah berusia produktif/kerja. Para wanita berlomba-lomba menjadikan kulitnya putih bersinar cerah agar terlihat cantik. Okay, its all about business. Ada orang pintar yang mengerti bahwa dengan paham seluk beluk kawasan beriklim tropis dia bisa menghasilkan banyak uang.

Produsen AC

Yang pernah merasakan kenikmatan berada di ruang ber-AC pasti merasakan ketika keluar dari ruangan tersebut yang dirasakan hanya “kehangatan”. Apalagi orang – orang yang bekerja di kantor kota besar macam Jakarta dan Surabaya, AC is a must ditambah embel-embel penjelasan kalau kerja di ruangan yang sumuk akan tidak nyaman ujung-ujungnya tidak produktif bahkan pakai kata ergonomi segala, apa itu?!

Produsen Kosmetik

Pemutih kulit, pencerah, krim pelindung sinar matahari dll. Pada dasarnya (secara genetis dan faktor alam) kulit bangsa Indonesia adalah coklat dengan variannya. Tapi dengan menampilkan secara teratur di media bahwa putih itu cantik, kulit putih cerah bersinar terang impian para wanita telah menciptakan suatu kesepakatan massal bahwa kulit putih = cantik. Untuk apa diciptakan rumus putih = cantik? Sekali lagi ini persoalan bisnis semata. Mulai dari produk kosmetik berupa pemutih kulit, gigi, pencerah kulit, krim penolak bala sinar matahari hingga produsen mobil akan untung jika masyarakat Indonesia takut terkena sinar matahari yang akan mencoklatkan kulitnya. Bahkan menurut penelitian, terlalu lama terkena sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Baiklah, sekarang tinggal menunggu waktu terjadi wabah kanker kulit di seluruh Indonesia. Korbannya adalah petani, kuli, tukang sapu jalanan, pengamen dan lapisan masyarakat yang bekerja di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tapi kenapa tidak terjadi?

Akhirnya, dari sebuah pelajaran sederhana, IPS SD, bahwa Indonesia beriklim tropis, para industrialis bisa menghasilkan banyak uang dan menghidupi keluarganya. Bagi beberapa orang yang lain hanya akan menjadi pelajaran yang berakhir di ujian nasional, keluar pertanyaan tentang itu atau tidak. Jadi, apa yang bisa anda lakukan dengan pelajaran limit matematika? Bisakah anda menghasilkan uang dari itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s