CARA BERJALAN YANG LEBIH BAIK UNTUK KESEHATAN

by Novia Eka Wiandani on Tuesday, 14 December 2010 at 08:40

MANFAAT BERJALAN :

Berjalan adalah pilihan OLAHRAGA yang luar biasa

Berjalan itu MUDAH

Berjalan itu AMAN, khususnya jika sebelumnya anda melakukan pemanasan, tahu kapan harus berhenti, dan melalui rute berjalan yang sama

Berjalan itu MURAH

Berjalan bisa dilakukan di hampir semua tempat, di semua cuaca, dan kapanpun

Saat anda mulai berjalan untuk kesehatan, ingatlah bahwa postur berjalan yang benar mengurangi kemungkinan cedera. Mulailah dengan berjalan lambat selama sekitar lima menit sebagai pemanasan bagi otot anda, dan kemudian naikkan kecepatan secara bertahap. Berjalanlah dengan kepala dan dagu tegak dan bahu ke belakang. Cobalah menahan perut anda. Tahan punggung anda tetap tegak, tapi nggak kaku. Tahan lengkung tulang belakang anda sewajar mungkin. Jangan mencondongkan tubuh ke depan.

Saat anda berjalan, angkatlah kaki anda sampai betul-betul terangkat dari trotoar. Mendaratlah dengan tumit dan berayun ke depan untuk mendorong lagi dengan jari kaki anda. Arahkan jari kaki lurus ke depan, biarkan lengan anda mengayun dengan wajar, bernapaslah dalam-dalam.

Berjalanlah dengan kecepatan yang nyaman. Kecepatan anda akan berubah jika anda telah terbiasa berjalan. Paculah diri anda sehingga anda bisa melakukan percakapan dengan orang lain tanpa terengah-engah mencari udara.

ALAT-ALAT YANG TEPAT UNTUK BERJALAN

SEPATU

Jenis yang anda perlukan tergantung pada intensitas berjalan dan permukaan tempat anda berjalan. Sepatu/sandal anda harus terasa nyaman dan harus menyangga seluruh bagian kaki anda.

PAKAIAN

Pakaian TIDAK boleh menghambat gerak tubuh anda. Pada cuaca yang sangat panas, pakaian yang terbuat dari kain yang berpori bias membantu anda tetap sejuk. Pada cuaca yang lebih dingin, kenakan pelapis yang bias dilepaskan setelah tubuh terasa agak panas.

BARANG-BARANG

Bawalah sesedikit mungkin barang. Jika anda harus membawa kunci, uang, atau barang kecil lain, gunakan tas pinggang atau ransel. Membawa tas bahu bisa membuat tubuh anda tidak seimbang.

JALANI JALAN ANDA

Langkah anda harus sama pada kedua tungkai. Pemula harus melangkah lebih pendek dan lebih berkonsentrasi pada postur. Pejalan kaki yang lebih berpengalaman mengayunkan langkah sedang. Langkah panjang member peregangan paling besar dan pada umumnya dilakukan oleh pejalan kaki berpengalaman dan kompetitif.

Ubah irama anda sesekali. Dengarkan music, jika aman, di jalur atau jalan setapak di mana tak ada lalu lintas kendaraan, dan jangan setel volumenya terlalu keras karena anda harus tetap waspada akan lingkungan sekitar.

Biarkan lengan anda mengayun dengan wajar. Pejalan cepat mungkin akan menekuk lengan membentuk sudut 90 derajat dan mengayunkannya naik turun karena ini menambah kekuatan saat berjalan.

Selalu periksa postur anda. Postur dipengaruhi oleh posisi tulang belakang, kepala, dan mata. Jaga lengkung alami tulang belakang anda tanpa menjadi kaku. Tahan kepala tegak dan lihat lurus ke depan. Tetapi pastikan juga bahwa anda menyadari permukaan jalan yang anda lewati agar tidak tersandung atau masuk lubang atau keluar dari pinggiran jalan.

Jangan menyerah bila perlu watu dan upaya.

Dikutip dari :

Donkin, S.W. dan G. Meyer. 2005. Total body management, mengoptimalkan kondisi dan fungsi tubuh. PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia. Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s