ayat-ayat addictive untukku

by Novia Eka Wiandani on Saturday, 24 October 2009 at 17:50

Aku pengen cerita tentang beberapa surah Qur’an yang entah mengapa sangat menarik bagiku.

AL FIIL (GAJAH)
SURAT KE 105 : 5 ayat

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?
2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?
3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
5. Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Surat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Kaafirun. Nama Al Fiil diambil dari kata Al Fiil yang terdapat pada ayat pertama surat ini, artinya gajah. Surat Al Fiil mengemukakan cerita pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Mekah. Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad s.a.w. dilahirkan.

Pokok-pokok isinya:
Cerita tentang pasukan bergajah yang diazab oleh Allah s.w.t. dengan mengirimkan sejenis burung yang menyerang mereka sampai binasa.

ayat-ayat ini pertama kali kukenal dari buku Iqra’ jilid 5 pas ngaji dulu. Nggak tahu kenapa ku suka banget membacanya. Teringat dahulu seharian ku berusaha menghafalkannya sambil main di ayunan kayu di rumah kakekku.. Kalau bisa diceritakan, mungkin rasanya seperti terpesona oleh kalimat-kalimat yang dilantunkan, rima yang muncul, alunan yang terucap..Subhanallah… Setelah aku cukup besar, aku mulai membaca terjemahannya, sontak aku kaget, karena yang diceritakan adalah tentang pasukan gajah. Padahal kupikir ayat ini mengisahkan tentang sesuatu yang indah, ya gitu wes pokoknya. :p Tapi lama kelamaan aku malah makin terpesona karenanya. Sungguh ALLAH SWT Maha Kuasa..tak ada satupun yang bisa menghindar dariNYA…

AL LAHAB (GEJOLAK API)
SURAT KE 111 : 5 ayat

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.
2. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.
3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak
4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar
5. Yang di lehernya ada tali dari sabut.
Surat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Al Fath. Nama Al Lahab diambil dari kata Al Lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api. Surat ini juga dinamakan surat Al Masad.

Pokok-pokok isinya:
Cerita Abu Lahab dan isterinya yang menentang Rasul s.a.w. Keduanya akan celaka dan masuk neraka. Harta Abu Lahab, tak berguna untuk keselamatannya demikian pula segala usaha-usahanya.
Surah ini pertama kali kuketahui pada saat shalat tarawih di masjid waktu kecil dulu. Bapak yang mengimami memilih untuk membaca surah ini, bahkan hampir setiap hari! Gimana g mau titen.. Yang bikin aku makin heran, adalah mengapa setiap membaca ayat ini beliau selalu kelihatan tenang di awal-awalnya, tapi kemudian lalu makin berapi-api. Malah beberapa kejadian pernah ku sampai mengira beliau sampai menangis, ketahuan dari suaranya yang makin serak-serak basah. (ho…harusnya g boleh yo ngomentari imam,,wah pak,,maaf yaa..). Setelah kucari-cari tahu, ternyata surah itu adalah Al Lahab. Kagetnya lagi, ternyata surah ini mengisahkan tentang Abu Lahab dan istrinya yang menentang Rasul S.A.W. Kemudian aku juga membaca dari kisah-kisah Qur’an yang kupunya, di situ ada gambar sketsa kejadian mengenai surah itu. Wuih..mengerikan…gimana ya…sebenernya itu adalah hal yang absurd, tapi ku ambil sisi positifnya saja dah, bahwa si penggambar mencoba menceritakan bahwa siksa ALLAH SWT kepada orang-orang yang dzalim itu sangatlah adil. Apa yang kita tanam adalah yang nantinya kita petik sendiri..Wallahu’alam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s