a music to remember

by Novia Eka Wiandani on Wednesday, 22 June 2011 at 23:26

1. Shania Twain – Forever and for Always

Hari rabu malam, lagu ini terdengar dari laptopku yang setia menemaniku. Awalnya biasa-biasa saja, namun setelah lagu hampir usai, entah kenapa terasa seperti ada kerinduan dalam diri ini. Maka kuputar kembali lagu yang pertama kali kudengan saat SMP ini.

Ya, tepat sekali, masa SMP. Sepertinya pikiranku jadi terbawa melayang menuju beberapa tahun yang lalu, saat diriku masih SMP. Saat itu, terutama saat kelas 3 SMP kalau tidak salah, adalah saat-saat yang bisa dibilang masa emas bagiku. Sepertinya semua hal baik terjadi padaku saat itu, punya teman-teman yang menyenangkan, prestasi akademik cemerlang, kepercayaan diri mendekati angka maksimal, dan lainnya,,seolah sama sekali tidak ada kekhawatiran dalam diriku untuk bisa melakukan apapun yang kumau. Okelah, tak akan kuceritakan detil-detil lainnya, biar kusimpan saja, hehe. Beberapa hal yang menyertai memori akan lagu ini mungkin adalah kartun SLAM DUNK yang saat itu diputar di TV7, kemudian semifinal olimpiade MIPA di Jombang – kebagian Matematika, Study tour ke Jakarta-Bogor, dan..ehm..mawar merah mungkin….

2. Blue – Best in Me

Rabu malam semakin larut…playlistku masih banyak memutar lagu-lagu nostalgia, dan salah satunya adalah lagu ini.. Tidak ada memori yang cukup banyak sih, tapi cukup bisa membawaku terkenang masa lalu, ehm, saat kelas 3 SMP juga sih..sudah kubilang kan masa itu adalah masa emasku. Beberapa hal yang mungkin kuingat berkaitan dengan lagu ini adalah email-email yang pertama kali kukirim, perjalanan ke Malang, kaus putih bertudung yang saat itu kukenakan, walkman untuk memutar kasetnya Blue dan discman yang dibelikan saat ultahku ke xx. :p

3. Westlife – I Lay My Love on You

Tak peduli malam, laptopku terus berdendang..Kali ini yang diputar adalah lagu jaman SD..kelas 5 atau 6 mungkin, ah sudah bertahun-tahun yang lalu.. Lagu ini mengingatkanku saat jaman teman-teman pada ngefans pada Westlife. Wuih, kamu aja kali sih, aku nggak.. Saat itu aku lebih tertarik pada boyband lain:Backstreetboys. Yang teringat pertama kali dan mungkin satu-satunya adalah teman SDku yang namanya….(too bad…aku lupa!)mm..Cicil sepertinya. he… Dia benar-benar ngefans dengan salah satu anggota westlife yg namanya … lupa juga. he.. udah sih, cuma itu aja yang kuingat. Tapi diriku juga masih bisa merasakan euforia gandrung-gandrungnya teman-teman pada seleb itu, namanya juga puber. ^^

4. Cher – Believe

Makin larut, bukannya semakin slow, tapi laptopku malah memutar lagu yang cukup ngebeat. Yup, lagu ini keren banget menurutku, dan menurutku juga saat pertama tahu lagu ini:SD kelas 4. Entah daya tarik apa tapi keren banget deh pokoknya, sesuai selera. Baru-baru ini saja (mungkin baru beberapa hari lalu) malah diriku baru mengetahui bahwa lagu ini : Believe, memang adalah lagu terbaiknya Cher sepanjang jaman beliau berkarir di dunia musik dan merupakan top hits yang menang grammy awards.

5. Backstreetboys – I Want It That Way

Lagu ini sengaja diputar laptopku sepertinya gara-gara sebelumnya kusebut-sebut. hehe.. tapi BSB kayaknya top one banget bagi seleb yang pernah kugandrungi sejak SD dan sampai sekarang walau tidak seheboh dulu. Selain album yang terakhir, diriku punya semua kasetnya , bahkan yang Greatest Hits:Chapter One diriku punya kaset dan CD originalnya (walaupun punya temen, belum dikembaliin 7 tahun, hoho). Sedangkan album terakhir-terbaru diriku hanya punya versi mp3 di laptop (maklum-udah kenal winamp, WMP, dll). Beberapa ingatan yang menyertai lagu ini adalah : kaset Millennium sbg kado ultahku, Lomba aritmatika, Radio-Tape merk JVC (sudah dijual), rumah di Jalan Mawar, VCD player yang pertama di rumah, dan masa transisi ke SMP.

6. M2M – The Day You Went Away

Raga sudah mengantuk, tapi jiwa tetap bersenandung berlari mengejar kenangan. Begitulah, lagu ini adalah lagu jaman SD kelas 4 bagiku. Mungkin kasetnya adalah kaset yang pertama kali kubeli, entahlah. Lagu ini – sepaket dengan lagu M2M lain – dulu menemaniku belajar saat ulangan harian di SD. Jadi diriku duduk di depan buku di meja belajar, di sebelah kiriku tergeletak tape warna hitam (masih ada di rumah) memutar lagu-lagu M2M hingga larut malam. Wah, rajin sekali yah diriku dulu ^^

7. S Club 7 – Never Had A Dream Come True

Pernahkah anda seperti mengenal seseorang atau seperti sudah pernah melihat sesuatu tapi kalau diingat tidak bisa ditemukan? Begitulah yang terjadi pada lagu ini. Kuliah-semester 3, entah kalau tidak salah diriku mendengar di dalam Doj* Hotspot Center, saat itu juga diriku bisa mengikuti lagu ini walau tidak bisa liriknya. tapi setelah sampai hari ini kuingat-ingat, sama sekali tidak ada jejak yang bisa kutelusur kenapa dan kapan ku bisa tahu lagu ini. Tapi diriku yakin sekali seharusnya saat ku kecil memang pernah kudengar, tidak mungkin tiba-tiba bisa sendiri. Entah dari film, entah cuma lewat, yang jelas pasti lagu itu punya kesan mendalam sampai-sampai bisa seperti itu. hm..

yah…mungkin itu dulu.. sebenarnya banyak sekali lagu-lagu yang memiliki memori tersendiri bagiku, bahkan mungkin memang diriku adalah tipe pengingat dengan cara musikal, hehe, jadi segala sesuatu pasti punya soundtracknya masing-masing.
Ah cukuplah omong kosongnya, malam sudah semakin larut (sebentar lagi kutambahkan gula dan sirup). saatnya mencuci baju yang kurendam maghrib tadi…

22.46
Rabu, 22 Juni 2011
di kamar kos,
Yogyakarta

note :
pemutar musik yang digunakan : Winamp 5.12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s