(Review) Einstein Aja Gak Tau, Apalagi Kita??

Judul Buku : Einstein Aja Gak Tau ! Penjelasan Ilmiah Tentang Peristiwa Sehari-hari

Pengarang : Robert L. Wolke

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2003

Tebal : xiii + 267

Ilmu pengetahuan bukan hanya soal angka-angka, mikroskop, dan peralatan yang sulit. Namun ia selalu memberikan “sesuatu”yang menarik. Hal inilah yang saya dapatkan dari buku “Einstein Aja Gak Tau!” ini. Dari buku ini saya jadi tahu bahwa kita dapat mengetahui temperatur dengan memperhatikan derik jangkrik. Bagaimana caranya ? Tinggal hitung saja berapa kali si jangkrik berderik. Asik kan? Lalu ada juga pertanyaan-pertanyaan seperti : apakah semua zat cair pasti basah?; Mengapa benda basah tidak akan terbakar?; Apakah bayam yang mengandung zat besi bisa ditarik oleh magnet?; Mengapa ikan bau amis?; dan pertanyaan-pertanyaan tak terduga lainnya yang dijawab dengan lengkap.

Robert L. Wolke sendiri memang seorang guru besar di bidang kimia di University of Pittsburg. Jadi tak salah jika ia mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti itu dengan kapasistas ilmu yang mendalam. Bukunya yang lain seperti yang berjudul “Kalau Einstein Lagi Cukuran, Ngobrolin Apa Ya?” juga bertema kurang lebih sama dengan buku ini, yakni seputar jawaban-jawaban ilmiah atas pertanyaan-pertanyaan sederhana di kehidupan sehari-hari.

Saya yakin buku ini diperuntukkan bagi semua umur. Temanya sudah jelas, mengenai ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Belum lagi gambar sampulnya yang lucu dan berwarna cerah. Bagi saya malah agak terkesan kekanak-kanakan karena sampulnya itu. Namun jangan harap anak berumur 10 tahun bisa membaca buku ini dengan mudah. Bahasa yang digunakan sebenarnya sudah dipermudah, lugas, dan dibalut komedi. Namun masih banyak menggunakan istilah-istilah sains yang orang awam tidak tahu artinya. Penerjemahnya pun sepertinya bukan orang yang memiliki kompetensi cukup dalam bidang sains sehingga banyak kalimat yang bertele-tele.

Kekurangan-kekurangan dalam sisi bahasa tersebut memang cukup mengganggu, namun suguhan pertanyaan dan jawaban ilmiah mengenai kehidupan tetap merupakan ide yang bagus. Dengan adanya buku ini, kita harus menepis anggapan bahwa sains adalah momok, sulit, dan bikin ngantuk. Justru kita harus mengembangkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap alam sekitar kita, dan senantiasa mencari jawabannya dari sumber yang jelas.

Rate : 3,5 / 5

About these ads

2 thoughts on “(Review) Einstein Aja Gak Tau, Apalagi Kita??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s